Motorcycle Vespa

Selasa, 18 Desember 2012

APAKAH YANG DINAMAKAN MESIN...........?

Zaman modern seperti sekarang ini banyak aktifitas manusia yang tidak dilakukan secara manual lagi hampir semua aktifitas manusia di bantu atau bahkan digantikan mesin. Melakukan sesuatu yang pada zaman dulu mustahil dilakukan sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Manusia tak perlu berjalan kaki untuk menempuh
perjalanan darat yang jauh karena ada mobil yang bergerak di darat. Manusia juga mampu menjelajahi laut dengan bantuan kapal laut yang digerakkan oleh mesin, menyelam kedasar samudra dengan bantuan mesin pada kapal selam, sedangkan diangkasa luar yang jaraknya jutaan kilometer ada satelit yang beredar mengikuti orbit bumi atau menuju planet lain untuk penelitian yang biasa digunakan NASA itu pun tidak terlepas keterlibatan mesin. Selain mesin-mesin yang canggih di atas kita juga sering mendengar istilah mesin press, mesin bubut, mesin milling pada industry manufaktur atau mesin jahit yang biasanya ada dirumah. Selain itu menurut cara kerjanya kita sering mendengar istilah mesin 4 tak atau 2 tak pada iklan-iklan kendaraan bermotor.
Dari contoh-contoh diatas, sebenarnya apa sih pengertian mesin itu. Banyak sudah yang mendefinisikan tentang istilah mesin tetapi sederhananya mesin adalah suatu alat yang mampu merubah atau mengkonversikan dari suatu energi ke bentuk energi yang lain. Misalnya pada mesin mobil merubah energi fosil (minyak bumi) menjadi energi gerak melalui mekanisme kerja 4 tak atau 2 tak. Pada pembangkit listrik tenaga air yang merubah energi potensial air pada waktu bergerak dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah dengan menggunakan turbin ke generator menjadi energy listrik. Maka untuk mudahnya setiap alat yang mampu merubah energy ke bentuk energi yang lain disebut dengan MESIN. Bagaimana dengan setrika, kompor minyak tanah yang dipakai di rumah tangga……. Ya semuanya adalah mesin, setrika mampu merubah energy listrik menjadi energy panas melalui komponen heaternya. Kompor minyak juga adalah mesin karena mereka mampu mengkonversi energy fosil minyak tanah menjadi energy panas, walaupun dalam kehiduapan sehari-hari kita tidak menganggapnya sebagai mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar